Doa Mohon Ampunan Dalam Segala Hal

 


Diriwayatkan oleh Abu Musa, Nabi (ﷺ) biasa berdoa kepada Allah dengan doa berikut:

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ.

Allaahummaghfirlii khothiiatii, wa jahlii wa isroofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minnii, allaahummaghfirlii jaddii wa hazli wa khotho-ii wa ‘amdii, wa kullu dzaalika ‘indii, allaahummaghfirlii maa qoddamtu wa maa akh-khortu, wa maa as-rortu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihi minnii, antal muqoddimu wa antal mu-akh-khiru, wa anta ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripadaku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang mengakhirkan, dan Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu." (HR. Bukhari 6398 dan Muslim 2719).

Nanang SB
Berdakwah dengan media
Komentar